Selasa, November 01, 2005

Tersangka Bom Kuningan Mengaku Anggota NII

Sumber : MI

Kapolri Jenderal Da'i Bachtiar mengatakan, beberapa tersangka yang telah ditangkap dan diperiksa oleh polisi mengaku sebagai anggota dari kelompok yang menamakan diri Negara Islam Indonesia (NII).

"Sepertinya diidentifikasi sebagai kelompok NII, tapi kita belum temukan dokumentasi atau dukungan itu memang kelompok yang sudah ada dan eksis di negara kita. (Hal tersebut) baru pengakuan-pengakuan di antara mereka saja," kata Kapolri dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Pengakuan mereka yang belum didukung suatu dokumen ataupun informasi lain bahwa ada satu organisasi yang bernama NII, tetapi diantara mereka mengakui hal tersebut, katanya.

Bahkan, kata Da`i, di antara mereka menyebutkan adanya wilayah-wilayahnya, yaitu KW 7 dan KW 9.

Mengenai permasalahan tersebut, Kapolri mengharapkan agar tidak terjadi bias informasi dan diungkapkan secara hati-hati tentang keterkaitan antara tersangka pengeboman Kuningan dan NII, agar tidak menyinggung salah satu agama di Indonesia.

Sementara itu, KW7 dikabarkan menguasai daerah Priangan Barat dan KW9 berada di Ponpes AL Zaitun, tetapi Kapolri membantah tentang keterkaitan Ponpes tersebut dengan adanya KW.