Selasa, November 07, 2006

Citibank, NII dan Kartosoewirjo

SELAMA ini Citibank dikenal sebagai almamater para bankir Indonesia. Banyak bankir terkemuka seperti Robby Djohan dan sebagainya adalah lulusan Citibank. Laksamana Soekardi yang pernah menjabat Managing Director Lippo Bank juga alumni Citibank. Laksamana dipercaya menjabat Menteri Negara BUMN pada kabinet Mega-Hamzah.

Selain Citibank, Astra juga merupakan almamater bagi para eksekutif. Banyak praktisi bisnis otomotif (termasuk sepeda motor) adalah lulusan Astra. Meski tidak sepopuler alumni Citibank, lulusan Astra bisa ditemui tidak saja di dunia otomotif tetapi juga di dunia perbankan, termasuk pada lembaga keuangan non Bank.

Pada periode tertentu, sering kita temui ada ‘perpindahan penduduk’ dari Astra ke Citibank atau sebaliknya. Rini MS Soewandi yang pernah menjadi President Director PT Astra Internasional, adalah alumni Citibank. Kini ia juga alumni Astra yang kemudian menekuni bisnis sepeda motor. Sebagaimana Laksamana, Rini dipercaya menjabat Menperindag pada kabinet Gotong Royong.

Di dalam dunia pergerakan, juga bisa ditemui institusi semacam Citibank atau Astra, yang menjadi ‘almamater’ bagi institusi atau tokoh pergerakan lainnya, yaitu NII (Negara Islam Indonesia) atau disebut juga dengan DI/TII (Darul Islam / Tentara Islam Indonesia) .... selengkapnya klik ini